Rabu, 03 Februari 2010

PESONA WISATA ALAM GUA STALAGTIK KALEDUPA-WAKATOBI


Pengertian

Stalagtik adalah batuan yang berbentuk gigi sisir atau paku panjang yang bergantungan pada para-para gua kapur. Sedangkan, Stalagmit adalah batuan yang berbentuk kerucut yang terletak dilantai gua kapur. Jadi, Stalagmit terbentuk karena adanya Stalagtik.


Proses terbentuknya

Stalagtik terbentuk karena adanya proses Gas karbon dioksida di atmosfer yang terlarut dalam air membentuk asam karbonat.Air permukaan yang mengalir dan mengandung asam tersebut mengikis bebatuan kapur yang dilewatinya dan melarutkan kalsium karbonat serta senyawa karbonat lainnya. Pada saat meresap ke dalam batuan kapur, air yang telah jenuh dengan senyawa-senyawa karbonat menetes malaluilangit-langit gua dan meninggalkan endapan terutama kalsium karbonat yang terus menerus menumpuk menjadi ukiran batu alami

GUA STALAGTIK KALEDUPA-WAKATOBI

Wakatobi selain menyimpan keindahan alam dibawah laut,budaya dan bahasa ternyata terdapat juga sebuah keunikan. Salah satu dari keindahan itu terdapat pada gua-gua stalagtik yang tersebar dibeberapa pulau diwakatobi.namun, kali ini kita akan membahas salah satu dari beberapa gua stalagtik diwakatobi yakni gua stalagtik di Kecamatan Kaledupa selatan.Orang lokal biasa menyebut gua ini sebagai “Gua Te’e Dhanddilla”.

Gua ini terletak disebelah Timur pulau kaledupa yang lokasinya sekitar 2 km dari pemukiman masyarakat dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama 30 menit. Disepanjang jalan terdapat beberapa perkebunan dari penduduk. Gua ini memiliki keistimewaan Karena di dalam gua terdapat sebuah sumber air yang digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan primer. Hal menarik lainnya adalah gua ini memiliki bentuk yang unik dan terlihat menarik yakni lokasinya berada diperbukitan sehingga keindahan alam kaledupa bisa dinikmati dari gua ini. sangat tepat dikunjungi untuk b'wisata, meneliti dan b'foto-foto. ayo, siapa yang berminat..:D

Tidak ada komentar: